oleh

Trik Merawat Baterai Smartphone Tetap Awet

Pandawa BPJS JKN PATI

Mitrapost.com Saat membeli smartphone, salah satu yang menjadi pertimbangan adalah kapasitas baterai. Sebab kapasitas baterai yang besar akan mendukung daya hidup baterai lebih lama. Penggunaan handphone yang berlebihan dapat memperpendek umur baterai, apalagi jika digunakan dengan multitasking tinggi.

Agar umur baterai smartphone tidak mudah boros maka juga diperlukan perawatan yang tepat, berikut tipsnya:

BPKAD Pati

Tidak menggunakan mode getar

Pilihan mode getar sering kali menjadi pilihan saat kita sedang berada dalam acara tertentu, seperti saat kelas berlangsung, bekerja, atau memang sengaja karena tak ingin mendapat gangguan.

Usut punya usut, mode getar justru berpotensi besar membuat baterai boros. Sebab smartphone membutuhkan daya yang besar untuk mengaktifkan mode getar.

Baca Juga :   Peneliti Mewujudkan Game Boy Tanpa Baterai

Gunakanlah mode silent untuk menghemat baterai namun tetap dapat mengetahui notifikasi yang muncul tanpa menimbulkan keributan.

Baca juga: 5 Aplikasi Android Rentan Sebarkan Data Pengguna

Hindari overheat

Jangan sampai terlena ketika menggunakan handphone hingga overheat. Terutama saat bermain game. Penggunaan gawai secara terus menerus dapat membuat baterai cepat panas.

Tutup aplikasi dari background yang sedang aktif, serta gunakan pengaturan agar bisa memberikan notifikasi batas maksimal penggunaan handphone.

Siklus pengisian daya

Pemilik smartphone harus mengetahui trik pengisian daya agar baterai smartphone bisa awet. Lakukan isi ulang daya baterai ketika menunjukkan persentase 40 persen dan cabut kabel ketika daya sudah terisi minimal 80 persen.

Baca Juga :   Mengapa Harga Smartphone Meroket di Masa Pandemi? Ini Penjelasannya

Menjaga siklus pengisian daya ini bisa membantu mengurangi boros daya. Hal paling penting yang perlu dicatat adalah jangan sampai membiarkan baterai hingga kosong.

Battery saver

Trik lainnya untuk merawat baterai adalah dengan mengaktifkan fitur battery saver. Fitur ini akan memberikan tanda ketika smartphone sudah dalam persentase low-batt. Selain itu sistem juga secara otomatis mengurangi performa CPU-nya. (*)

Simak juga: Video : 5 Rekomendasi Aplikasi Video Player Terbaik untuk PC Windows 10

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

 

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait