Muncul Bibit Siklon Tropis, Cuaca Ekstrem Hingga 7 Juni

Mitrapost.com Munculnya bibit siklon tropis diperkirakan bisa memicu hujan sedang hingga deras dan banjir di sejumlah provinsi.

Bibit tersebut ditemukan di sekitar Samudera Pasifik barat daya sebelah timur-tenggara Filipina. Kecepatan angin di daerah tersebut mencapai 30 knot dan tekanan udara minimum 1004 hPa.

Guswanto, Deputi Bidang Metereologi Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan pertumbuhan bibit siklon tropis itu terdeteksi pada Minggu (30/5/2021) pukul 07.00 WIB.

“Hal ini berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung,” ungkapnya, Senin (31/5/2021).

Menurut Guswanto, satelit cuaca Himawari-8 mengidentifikasi aktivitas awan konvektif yang signifikan di sekitar Sistem 04W.

Baca Juga :   Pekan Terakhir Desember Diprediksi Hujan Lebat, Warga Jateng Selatan Diimbau Waspada

“Pergerakan Sistem 04W menunjukkan ke arah Barat hingga Barat Laut menjauhi wilayah Indonesia dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis,” kata Guswanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati