Pulihkan Lahan, Dispertan Tekankan Batas Pemakaian Pupuk Kimia

Pati, Mitrapost.com Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati menekankan kepada petani dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Kayen untuk memulihkan kondisi lahan di sektor pertanian.Hal tersebut mengembalikan kesuburan lahan pertanian.

PPL KJF Dispertan Kabupaten Pati, Diana Kusumawati, mengatakan perlu upaya kontrol dalam penggunaan pupuk yang mengandung zat kimia. Penggunaan pupuk berbahan kimia perlu dibatasi dan disesuaikan dengan uji tanah.

Menurut Diana, penyuluh dan petani semsetinya mengoptimalkan bahan-bahan ogranik dari alam sebagai pengganti pupuk kimia.

“Pemerintah menekankan kepada kita agar menggunakan pupuk kimia secukupnya sesuai dengan uji tanah yang dapat diketahui ketika telah melakukan PUTS dan PUP,” ujar Diana, Kamis (3/6/2021).

Baca Juga :   Video : Dispertan Pati Adakan Pelatihan Krupuk Sehat Non Bleng

Baca juga: Kurangi Penggunaan Pupuk Kimia, Dispertan Latih Petani Olah Bahan Organik

Sebagai ganti pupuk kimia, petani juga perlu mengimbanginya dengan penggunaan pupuk organik yang lebih ramah lingkungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati