Petani Disarankan Gunakan Bibit Padi Varietas Tanam Pendek

Pati, Mitrapost.com Dinas Pertanian Kabupaten Pati melalui UPTD Balai Benih Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan menyarankan petani padi menanam padi varietas Cakrabuana dan Pajajaran saat musim tanam ketiga (MT-3).

Agus Cahyono, Kepala UPTD Balai Benih Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kalidoro, mengungkapkan di Pati Selatan risiko gagal panen cukup tinggi saat musim kemarau sehingga dibutuhkan bibit benih padi yang bisa dipanen lebih cepat.

Biasanya petani di Pati mayoritas menanam padi jenis inpari 32 yang masa tanamnya 120 hari. Sementara padi varietas Cakrabuana dan Pajajaran bisa dipanen dengan masa tanam 90 hari saja.

“Kita diberi informasi balai pengawasan sertifikasi benih. Kita selalu ikuti perkembangan di bidang pertanian. Varitas ini nanti akan dikenalkan di masyarakat supaya mereka tahu, soalnya kalau mereka mencoba-coba varietas baru susah,” kata Agus saat ditemui di kantornya, Kamis (3/6/2021).

Baca Juga :   Terhitung Sejak Januari Hingga Mei 2020 Ada 2 Orang Warga Pati Meninggal Akibat DBD

Baca juga: BPP Margorejo Terima 11 Ton Benih Padi untuk Petani yang Alami Puso

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati