Reuni Akbar Unwahas Diikuti Alumni dari Berbagai Negara

Semarang, Mitrapost.com – Sejumlah alumni yang pernah kuliah di luar negeri dan dari berbagai daerah dihadirkan dalam acara Reuni Akbar Alumni dan Diaspora dalam kegiatan yang diadakan Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) dan Keluarga Alumni Unwahas (Kawah). Acara bertemakan “Bersama Alumni Menguatkan Unwahas Go Internasional” yang di konsep secara daring dan perwakilan luring itu dihadiri ribuan alumni, pada Kamis (10/6/2021).

Dalam acara itu menghadirkan secara luring adalah Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, Keaswajaan dan Diaspora Unwahas, Dr Nur Cholid, Rektor Unwahas Prof Mudzakir Ali, Sekjend DPP Kawah, M. Ali Maksum, Bendahara Umum DPP Kawah, Syamsu Dhuha, Ketua DPD Kawah Provinsi Jawa Tengah, Joko Susanto, serta hadir luring ada Prof. Dr. H. Noor Achmad, MA, yang merupakan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Pusat. Kemudian alumni Unwahas dari Thailnd, Sufeeya Musor, dua alumni yang pernah study lanjut di China, Nur Widiyanto dan bekerja di Malaysia Bayu Irawan. Dalam acara itu DPP Kawah juga di sampaikan jaringan alumni sudah terbentuk di satu DPD dan sembilan DPC di Jateng, dan akan bergembang lagi.

Baca Juga :   Ajak Alumni Unwahas Ikuti Musda Kawah

Baca juga: Jalin Sinergitas Alumni, Unwahas Gelar Reuni Alumni Lintas Negara

Rektor Unwahas Prof Mudzakir Ali, mengatakan alumni Unwahas yang tergabung pada Keluarga Alumni Universitas Wahid Hasyim (Kawah) total ada 14 ribuan alumnus. Selain tersebar di berbagai penjuru Indonesia, juga ada dari Tailand, Malaysia, China, Irak, Afganistan dan lainnya. Sebelum memulai sambutan ia juga memperkenalkan para wakil rektor baru dibawah kepemimpinanya. Ia juga menyampaikan perlunya peran alumni baik yang didalam kampus dan luar kampus, sehingga reuni akbar itu betul-betul mampu menumbuhkan sinergitas antar alumni dan Unwahas.

Menurutnya, banyak peran alumni dalam rangka peningkatan dan pengembangan, kehebatan Unwahas. Bahkan peran alumni sudah banyak sekali. Ia mengatakan, paling tidak bahwa alumni memiliki lima peran. Pertama memberikan masukan dan program nyata bagi kemajuan Unwahas. Kedua alumni memiliki peran membangun opini publik untuk membangun nama baik dan membangun citra baik di mata publik.

Baca Juga :   SMAN di Kota Semarang Tak Wajibkan Siswa Beli Seragam Sekolah

“Jadi tergantung keadaan dan penampilan para alumninya. Peran alumni harus optimal agar citra Unwahas senantiasa posotif,”kata Prof Mudzakir Ali.

Lanjutnya, alumni menjadi relasi penting dalam memperluas jaringan Unwahas. Sehingga alumni harus membangun relasi kuat diluar dan didalam kampus. Menurutnya, alumni menjadi sumber informasi dunia kerja.

Baca juga:Lawan Mafia, Lindungi Buruh Migran Indonesia

“Maka perlu menjalin hubungan baik dengan dunia kerja dan dunia usaha, apalagi di kala pandemi seperti ini. Dengan begitu bisa berdaya guna di masyarakat. Alumni juga inspirasi bagi mahasiswa yang masih kuliah di perguruan tinggi ini. Maka jaringan alumni harus dimaksimalkan dan kami akan selalu fasilitasi pertemuan-pertemuan alumni,”jelasnya.

Baca Juga :   Pedagang Positif Corona, Pasar Krempyeng Semarang Disemprot Disinfektan

Dalam sambutannya, Prof Noor Achmad, menyampaikan Unwahas merupakan universitas yang hidup dan terus memantau perkembangan alumni, khususnya melalui treser study. Ketua Umum Yayasan Wahid Hasyim, itu juga menyampaikan pihaknya perlu tahu peran alumni di masyarakat, apalagi dengan adanya perubahan yang ada dan begitu beragam. Sehingga pihaknya ingin tahu kompetensi dan keilmuan. Baik kompetensinya didalam dunia kerja maupum di luar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati