oleh

3 PPL Positif Covid-19, Program BPP Margoyoso Dibantu PPL Swadaya

Pandawa BPJS JKN PATI

Pati, Mitrapost.com– Terdapat sejumlah Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Margoyoso yang dinyatakan positif Covid-19.

Oleh karena itu, untuk sementara waktu program penyuluhan di Kecamatan Margoyoso dibantu oleh PPL Swadaya.

BPKAD Pati

Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Margoyoso, Dewi Retno Asih saat dihubungi Mitrapost.com via daring, Kamis (10/6/2021).

Baca Juga: Damkar Pati Akan Bangun Pos Unit Penjagaan di Kecamatan Tayu

Hari ini Kamis (10/6/2021), sebanyak 5 PPL BPP Margoyoso menjalani rapid test antigen sebagai langkah identifikasi karena adanya 1 orang PPL yang dinyatakan positif Covid-19 pada Selasa (8/6/2021) lalu.

Hasilnya terdapat 2 tambahan PPL yang dinyatakan positif Covid-19, sedangkan 3 lainnya negatif. Sehingga keduanya harus menjalani Test Swab PCR di tiga hari kedepan.

Baca Juga :   News Grafis : Covid-19 di Kudus Meningkat

Menurut Dewi, langkah tracing dilakukan sebagai upaya identifikasi, untuk memutus rantai penularan Covid-19.

Pasalnya, PPL memiliki kontak dengan satu sama lain maupun dengan banyak pihak ketika di lapangan maupun di kantor, oleh karenanya perlu adanya antisipasi sejak dini.

Baca Juga: BPP Margoyoso Tingkatkan Kemampuan dan Kemandirian Lembaga Tani

“Hari ini kami sudah menjalani tes rapid antigen di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) II Margoyoso menyusul adanya 1 anggota kami yang kemarin positif. Hasil tracking hari ini, terdapat 2yang positif,” ungkapnya

Perlu diketahui, jumlah PPL di BPP Kecamatan Margoyoso ada 6 orang PPL. 1 PPL dinyatakan Covid-19 setelah test Swab PCR  sejak Selasa lalu. Sedangkan 2 PPL baru dinyatakan positif, seusai tes rapid antigen pagi ini, Kamis (10/6/2021) pukul 8.00. Sementara 3 sisanya negatif.

Baca Juga :   Setiap Puskesmas di Pati Ditarget Suntik 200 Vaksin per Hari

Dari hasil tersebut, 2 orang PPL harus menjalani isolasi secara mandiri. Sehingga totalnya terdapat 3 PPL yang dinyatakan positif Covid-19.

Baca Juga: BPP Kecamatan Jakenan, Penggerak Pembangunan Pertanian

Sebelumnya, 1 orang PPL telah dinyatakan positif Covid-19. Menurut informasi yang didapat, pasien tersebut sebelumnya mengisi materi Sekolah Lapang (SL) IPDMIP di salah satu desa di Kecamatan Margoyoso. Saat ini ia tengah menjalani isolasi mandiri.

Dewi mengatakan untuk sementara waktu program SL yang seharusnya dipandu oleh PPL terkait, dijalankan oleh PPL Swadaya yang berasal dari petani pilihan.

“Untuk program-program BPP Kecamatan Margoyoso yang perlu dijalankan oleh PPL terkait dihandle oleh Koordinator BPP dan dibantu PPL Swadaya,” ujarnya

Baca Juga :   Angka Pengangguran Pati 2020 Capai 24 Ribu

Lebih lanjut, ia mengungkapkan hingga beberapa hari ke depan, pihaknya memutuskan me-lockdown kantor BPP dan memfokuskan program-program lapangan, salah satumya SL. Dewi mengaku jika kondisinya sudah membaik, maka kantor akan buka kembali. (*)

Baca Juga:

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Mila Candra

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait