oleh

Dispertan Pati Targetkan 150 Ekor Sapi Tercover AUTS/K

Pati, Mitrapost.com – Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati menargetkan  150 ekor sapi tercover oleh Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kambing (AUTS/K).

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dispertan Kabupaten Pati, Andi Hirawadi, hingga kini terdapat 2 (dua) Kelompok Tani Ternak (Poktan) yang telah mengikuti AUTS/K.

Bpkad Pati

Mereka adalah Poktan Mekar Sari, Desa Tlogosari, Kecamatan Tlogowungu dan Poktan Gemah Ripah, Desa Trengguno, Kecamatan Pucakwangi.

Baca Juga: Dispertan Pati Punya Kepala Dinas dan Kasi Pengembangan SDM Pertanian Baru

Menurutnya, AUTS/K dimaksudkan untuk melindungi peternak akibat kematian hewan ternak. Karena minimnya kematian ternak, menyebabkan minimnya minat peternak untuk mengikuti program tersebut.

“Belum lama ini telah terjadi kematian sapi di Poktan Mekar Sari. Nah kematian itu diklaim AUTS/K sebesar Rp 10 juta,” ungkapnya kepada Mitrapost.com, Senin (14/6/2021)

Baca Juga :   PPL Pati Ikuti Praktik Penghitungan Konversi Pupuk

Poktan tersebut mendapatkan manfaat karena telah mengikuti porgram AUTS/K. Program ini akan mengklaim kematian hewan ternak sapi yang disebabkan oleh penyakit yang diatur berdasarkan kriteria yang tertera di persyaratan AUTS/K.

Menurutnya, Poktan Mekar Sari telah menjadi Poktan pertama yang diklaim AUTS/K di tahun ini di Kabupaten Pati.

Baca Juga: Kemenkes Temukan Varian Baru Covid-19 di Kudus, Bupati Pati: Sample Baru Diteliti

Poktan dengan populasi sapi sebanyak 16 ekor tersebut cukup kooperatif dalam menjalin koordinasi dengan Bidang Peternakan Dispertan Kabupaten Pati.

Nilai pertanggungjawaban setiap ternak yang diasuransikan adalah Rp 10 juta. Premi yang harus dibayar sebesar dua persen dari nilai pertanggungan tersebut atau setara dengan Rp 200 ribu per tahun.

Baca Juga :   Bupati Pati Ralat SE 'Jateng di Rumah Saja', Pasar dan Toko Swalayan Tak Jadi Tutup

Setiap peternak hanya membayar Rp 40 ribu dari premi tersebut, sedangkan sisanya disubsidi oleh pemerintah sebesar Rp 160 ribu.

Pihaknya akan berupaya mensosialisasikan pentingnya manfaat penerima AUTS/K kepada peternak. (*)

Baca Juga:

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Mila Candra

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait