oleh

Demi Putus Rantai Penyebaran Covid-19, DLH Pati Adakan Sosialisasi Online

Pandawa BPJS JKN PATI

Pati, Mitrapost.com – Melonjaknya angka kasus Covid-19 di Kabupaten Pati menyebabkan sejumlah kegiatan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati vacuum.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kabupaten Pati, Purwadi kepada Mitrapost.com, Jumat (18/6/2021).

BPKAD Pati

Menurutnya, DLH Kabupaten Pati telah meminimalisir kegiatan maupun program yang dilakukan secara langsung di lapangan. Sehingga pihaknya mengantisipasi dengan melakukan kegiatan secara online.

Baca Juga: Penghargaan Adipura Ditiadakan, Pemkab Pati Jalankan Esensi Lingkungan Bersih

Sebelumnya, tiap bulan DLH Kabupaten Pati mengadakan sosialisasi ke kecamatan-kecamatan. Dengan mengundang delegasi 2 orang dari perwakilan desa. Pihaknya juga memberikan edukasi serta ajakan masyarakat supaya mampu mengelola sampah dengan baik.

Baca Juga :   Partisipasi Pemilih Muda di Pati Sudah Bagus

Namun, ketika Pandemi Covid-19 datang melanda, pihaknya memberhentikan kegiatan tersebut. Agar program ke masyarakat tetap berlanjut. Sosialisasi kepada masyarakat dilakukan secara online.

“Kami bikin grup Whatsapp dengan beranggotakan delegasi desa yang menjadi perwakilan,” ucap Purwadi

Baca Juga: Jumpai Sejumlah Pelanggaran PPKM, Satpol PP Pati: Paling Banyak Langgar Jam Malam

Walaupun DLH Kabupaten Pati telah melakukan imbauan secara intensif via online. Akan tetapi, masih banyak desa yang belum mengindahkan imbauan tersebut.

“Kami imbau masyarakat menindaklanjuti dengan beberapa langkah. Antara lain pembentukan kelompok bank sampah, mengelompokkan sampah sesuai bahannya, dan membuat tempat pusat daur ulang,” tandas Purwadi

Selain itu, DLH Kabupaten Pati mengajak masyarakat agar tak membuang sampah di sungai, tepi jalan, dan tidak membakar sampah sembarangan. Hal ini sangat berpengaruh pada kualitas lingkungan di Kota yang berjuluk Bumi Mina Tani ini.

Baca Juga :   Upayakan Kenyamanan Pasien, KSH Perluas Area Pelayanan Covid-19

Baca Juga: Denda Pajak Kendaraan Bermotor Kembali Dibebaskan, Animo Masyarakat Pati Masih Landai

Perlu diketahui, DLH Kabupaten Pati menjalankan program-program berbasis masyarakat terutama dalam pengendalian sampah.

Berdasarkan catatan DLH Kabupaten Pati, pengelolaan pengendalian sampah di Kabupaten Pati telah meningkat. Hal ini ditandai dengan adanya pembentukan bank sampah.

Jumlah bank sampah di Kabupaten Pati pada 2021 sebanyak 180 unit. Dengan adanya peningkatan bank sampah berdampak positif terhadap pengelolaan sampah di Kabupaten Pati. (*)

Baca Juga:

Baca Juga :   Wabup Safin : Pati Miliki Potensi Garam Melimpah Nomor 2 se- Indonesia

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Mila Candra

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait