Keuntungan Mengukus Makanan Bagi Kesehatan Tubuh

Mitrapost.com – Mengukus menjadi salah satu teknik memasak yang dinilai paling baik, ketimbang merebus dan menggoreng. Cara memasak ini biasanya dipilih bagi mereka yang telah menjalani diet ketat ataupun menjalani pola hidup sehat.

Cara mengolah makanan memang mempengaruhi kandungan nutrisi yang ada pada makanan tersebut. Alih-alih mendapatkan nutrisi yang utuh, justru cara mengolah yang tak sehat justru bisa merusah kandungan makanan.

Berikut ini manfaat makanan yang dikukus untuk diet maupun kesehatan tubuh.

Baca juga: Calendula, Bunga dengan Berbagai Manfaat

  1. Kandungan nutrisi tidak hilang

Sayuran menjadi salah satu sumber makanan terbaik jika dimasak menggunakan teknik mengukus. Pasalnya, nutrisi yang terkandung dalam sayuran akan tetap terjaga saat dikukus.

Baca Juga :   Anti Obat Pencahar, 6 Cara Alami Atasi Sembelit

Sayuran seperti brokoli, bayam, wortel, jagung, kentang, buncis, lebih menyehatkan dan bagus untuk diet jika dikukus.

Sementara dalam metode lainnya, banyak vitamin dan mineral yang ditemukan dalam sayuran hilang selama proses memasak. Mengukus memastikan bahwa vitamin seperti vitamin B, riboflavin, B12, vitamin C, serta mineral seperti kalsium, fosfor, kalium, dan seng tidak hilang.

  1. Tekstur tetap segar

Sayuran yang dimasak dengan dikukus memiliki stektur yang tetap segar dan renyah saat digigit. Sementara pada makanan lain seperti ayam, memasak dengan cara mengukus memberikan tekstur juicy pada daging saat digigit.