PPKM Mikro Makin Ketat, Omset Pelaku UMKM Menurun Tajam

Pati, Mitrapost.com – Pemberlakuan Pembatasan kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro, berdampak pada sektor ekonomi. Tak terkecuali bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menenengah (UMKM).

Salah satunya adalah usaha Bisnis ice cream Lovbim di Blaru Kecamatan Pati Kota Kabupaten Pati. Ika Amaliya Susanti pemilik usaha mengaku, pendapatannya turun hingga 50 persen saat diberlakukannya PPKM Mikro.

Jika biasanya, ia dapat meraup keuntungan bersih Rp1 Juta dalam sehari sebelum pandemi, kini ia mengaku kesulitan untuk mendapatkan penghasilan Rp500 ribu.

Banyak faktor yang memperngaruhi. Diantaranya adalah turunnya daya beli masyarakat saat pandemi. Karena permintaan menurun untuk sementara waktu, ia menghentikan pengiriman ice cream ke kabupaten Rembang dan Kudus. Tak hanya itu, tempat jualannya juga terkena aturan lockdown saat PPKM Mikro.

Baca Juga :   Anggaran Belanja Tak Terduga Kabupaten Pati Tersisa Rp2 Miliar

“Biasanya di cafe-cafe kirim ice cream dan wafle, ada juga yang setor di warung-warung, jual sekolahan,  dan stadion Joyokusumo. Sekarang kan sekolahan tidak buka dan Joyokusumo juga yang dulu masih bisa jualan pagi dan sore sekarang di tutup juga,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati