Masih Zona Merah, Bupati Pati Minta Masyarakat Salat Iduladha di Rumah

Pati, Mitrapost.com – Lantaran masih berstatus zona merah, Bupati Pati Haryanto memutuskan melarang masjid menggelar salat Iduladha di masjid. Orang nomor satu di Bumi Mina Tani ini meminta kepada umat Islam salat Iduladha di rumah.

Menurut Haryanto, keputusan ini berdasarkan surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Agama (Kemenag). Ia berharap umat Islam mau mengikuti aturan ini agar pandemi Covid-19 cepat berlalu dan tidak bertambah korban jiwa lagi.

“Kalau shalat id sudah ada edaran dari Kemendagri, dari Kemenag mohon untuk diperketat kembali agar jaringan ke bawahnya bisa mengikuti,” ujar Haryanto saat memberikan sambutan Penutupan TMMD di Pendopo kabupaten, Rabu (14/7/2021).

Baca Juga :   Pokdarwis Harap Pemkab Pati Serius Kembangkan Potensi Wisata di Bumi Mina Tani

Ia meminta semua pihak bersama-sama dalam menangani pandemi Covid-19. Haryanto yakin dengan langkah bersama dan kompak, pagebluk yang telah berjalan lebih dari satu tahun ini dapat segera berakhir.

Haryanto tidak mau varian Delta menyebar di Kabupaten Pati. Lantaran, varian ini diyakini dapat menyebar dengan cepat sehingga akan terjadi kenaikan kasus Covid-19 di Kabupaten Pati bila masyarakat masih kukuh berkerumun dan menyelenggarakan salat Iduladha.

“Kalau ini bersama-sama pasti menurun. Karena grafiknya landai. Tapi kalau kita lengah maka meningkat. Kita tidak mau ada varian dari India yang cepat penurunannya. Presentasi 85 persen dari sampling,” tutur Haryanto.

Ia juga tidak mau kebijakan PPKM Darurat sia-sia lantaran terjadi kerumunan di hari raya iduladha. Padahal, pihaknya sudah melakukan berbagai langkah untuk menurunkan angka Covid-19.

Baca Juga :   Salat Jumat di Masjid Jami Lasem: Jamaah Tak Bermasker Disuruh Pulang

“Sudah mengetati orang jualan. Masjid kita tutup. Salat diarahkan di rumah. Tetapi hasil tidak maksimal karena masyarakat masih bandel, tetapi kalau (salat) di rumah siapa yang ditulari,” tandasnya. (*)

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral