Merawat Budaya, Pemuda Kajen Pati Bentuk Jelajah Pusaka

Pati, Mitrapost.com – Di tengah modernitas ini, budaya luar mudah masuk dan dapat mengancam budaya asli Indonesia. Perlu adanya langkah agar budaya lokal dapat terus eksis di tengah era milenial.

Maka dari itu, sejumlah pemuda Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati membentuk Jelajah Pusaka Kajen. Sebuah komunitas yang memiliki tujuan untuk merawat dan melestarikan budaya yang ada di Desa Kajen.

Muhammad Zuli Rizal, penggagas Jelajah Pusaka Kajen mengatakan, bahwa banyak sekali situs-situs dan benda bersejarah di Kajen yang selayaknya untuk dirawat dan dilestarikan. Sedangkan saat ini sejumlah situs dan benda-benda tersebut mulai hilang. Komunitas ini berupaya mencegah hal ini terulang.

Baca Juga :   Sumbang PAD Rp 6,3 M, Serapan Retribusi Pasar Belum Capai Target

Komunitas ini berdiri atas inspirasi dari kegiatan yang diselenggarakan oleh ‘Borobudur Heritage Forum’. Kala itu pada tahun 2015 diselenggarakan forum pelatihan selama 3 hari di Kota Gede Yogyakarta. Kebetulan Zuli salah satu pesertanya.

“Forum itu membuat acara di kota gede bareng- bareng mengenal sejarah cagar budaya, biar anak-anak muda punya kiat untuk menjaga,” paparnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati