oleh

TPA Sukoharjo Akan Diperbaiki, Agar Penampungan Sampah Aman

Pati, Mitrapost.com – Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Sampah, Kebersihan, dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, Karso menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan peninjauan ke Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) Sampah Sukoharjo yang berlokasi di desa Sukoharjo, Kecamatan Margorejo.

Di sana ia bersama tim pengendalian sampah dan pengelola TPA, membahas terkait rencana perbaikan talut. Pasalnya, terdapat beberapa talut yang roboh di TPA tersebut. Oleh karenanya, Karso dan kawan-kawan melakukan observasi ke tempat tersebut.

Pbb - Mitrapost.com

Banner Bphtb - Mitrapost.com

“Beberapa waktu lalu kami melakukan peninjauan ke TPA Sukoharjo. Kami berencana akan merenovasi talut-talut yang ambrol,” ungkapnya kepada Mitrapost.com belum lama ini.

Ia menargetkan perbaikan dimulai sesegera mungkin. Pasalnya, ia memasang target bahwa perbaikan tersebut harus tuntas pada Agustus 2021.

Baca Juga :   Tes CPNS Segera Digelar, Subsidi Tes Antigen Sedang Diusahakan

“Insyaallah kami tindaklanjuti secepatnya. Target kami kalau bisa sebelum September,” imbuh Karso.

Menurutnya, perbaikan yang dirancang tersebut, nantinya akan berguna dalam penampungan sampah agar lebih aman dan terkendali.

Perbaikan TPA Sampah, dinilai menjadi hal paling prioritas dan urgent untuk menjadikan kota Pati menjadi kota yang bersih. Hal ini dibuktikan, di beberapa tahun sebelumnya, dalam penghargaan Adipura maupun Adipura Kencana.

Selain itu, pada wawancara sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati Purwadi menyampaikan bahwa DLH Kabupaten Pati juga melakukan upaya mengatasi permasalahan sampah secara persuasif ke seluruh lapisan masyarakat.

“Bersama semua masyarakat dan DPUTR kami mengontrol pembuangan sampah secara teratur,” ujar Purwadi.

Baca Juga :   Telan Anggaran Rp550 Juta, Perbaikan Ruas Jalan Depan Pasar Kayen Rampung Akhir Juli

Pasalnya, langkah tersebut telah berhasil menobatkan Kota berjuluk Bumi Mina Tani itu, meraih penghargaan Adipura pada 2018. Dengan berhasil mewujudkan fungsi pertumbuhan kota secara berkelanjutan dengan menyelaraskan aspek ekologis, aspek sosial, dan aspek ekonomi

Ia juga menambahkan bahwa TPA dan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Kabupaten Pati, telah menerapkan sistem Sanitary Landfill. Yaitu dengan pengelolaan sampah di lokasi cekung, lalu memadatkannya dan kemudian ditimbun di tanah. (*)

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Mila Candra

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait