oleh

Realisasi Kemandirian Fiskal Pati Makin Molor Akibat Pandemi

Pati, Mitrapost.com – Pandemi Covid-19 membuat target Kabupaten Pati mencapai kemandirian fiskal semakin jauh.

Kemandirian fiskal merupakan kemampuan Pemerintah Daerah untuk membiayai sendiri kegiatan Pemerintah Daerah, tanpa tergantung bantuan dari luar, termasuk dari Pemerintah Pusat.

Bpkad Pati

Zabidi, Kepala Bidang Keuangan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pati menyebut di tahun 2020 Pendapatan Asli Daerah (PAD) nya baru bisa mencover 22 persen anggaran berlanja daerah.

Hingga saat ini, Kabupaten Pati masih ketergantungan terhadap DAU (Dana Alokasi Umum) dan dana transfer dari pemerintah pusat.

Zabidi mengurai, di tahun 2019, PAD Kabupaten Pati mencukupi 20 persen belanja daerah, kemudian naik di tahun 2021 menjadi 22 persen. Sementara di tahun 2021 diprediksi menurun lantaran pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sejak awal tahun.

Baca Juga :   Foto : Covid-19, HIVAids Kurang Dapat Perhatian

“Targetnya meningkat tapi belum capai kemandirian fiskal. Bisa membiayai diri sendiri baru 20 persen. Kemudian naik 22 persen,” kata Zabidi, Sabtu (24/7/2021).

“Saat PPKM banyak pendapatan yang tidak mencapai target seperti pajak restoran, hotel dan sebagainya mereka mengajukan keringanan,” ujarnya.

Perlu diketahui sumber dari PAD Kabupaten Pati bersumber dari pungutan Pajak daerah, Retribusi daerah dan sumber lain yang sah seperti BUMD (Badan Usaha Milik Daerah).

Lantaran pemberlakuan PPKM, terang Zabidi, banyak sektor pajak dan retribusi unggulan yang yang tidak bisa dipungut.  Seperti pajak hiburan dan pajak penerangan jalan umum (PJU).

Sejak pandemi tempat hiburan dilarang beroperasi. Masyarakat golongan tertentu juga mendapat subsidi diskon listrik.

Baca Juga :   CISRT Pati Dinilai BSSN, Diskominfo Pati: Ada Peningkatan

Zabidi mengaku sektor pajak unggulan yang masih bisa digenjot serapannya saat ini ialah dari sektor pajak penghasilan final atas pengalihan hak atas tanah dan bangunan (PPhTB) dan pajak bumi bangunan (PBB).(*)

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait