Video : Lapas Pati Kekurangan Staf Penjaga Tahanan

Pati, Mitrapost.com – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kabupaten Pati kekurangan tenaga Petugas Penjaga. Pihak Lapas saat ini cukup kuwalahan menjaga ratusan warga binaan lantaran jumlah warga binaan dan pegawai tidak sebanding.

Krismiyanto, Kepala Sub Seksi Registrasi dan Bimbingan Kemasyarakatan Lapas Pati menyebut pihaknya hanya mempunyai 77 orang pegawai. Sementara jumlah tahanan saat ini ada 358 orang.

“Pegawai kita 77 orang sudah termasuk kepala (Pengurus teras). Sedangkan penjaga hanya 4 regu. Harus membackup 358 Napi,” ungkap Kris saat ditemui di kantornya kemarin.

Satu regu penjaga atau sipir terdiri dari 6 enam orang. Setiap regu bertugas menjaga ruang tahanan menjadi 3 sif, pagi, siang, dan malam.

Baca Juga :   Hari Natal Narapidana Lapas Pati Tak Bisa Dikunjungi Keluarga

Karena jumlah yang tak seimbang, dalam pembinaan kepada Napi, Lapas Pati mengambil langkah persuasif ketimbang intimidatif.

“Kita pendekatannya persuasif, diajeni, dilatih keterampilan, ditanyakan kabarnya setiap waktu. Jadi Napi merasa diorangkan. Karena sungkan pada petugas, para napi otomatis berkelakuan baik,” jelas Kris.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati