Kenali Gejala Frambusia Pada Anak

Demak, Mitrapost.com – Frambusia dapat dikenali dengan munculnya benjolan kecil seperti buah arbei yang berair. Penyakit ini biasanya menyerang anak-anak yang berusia kurang dari lima tahun.

Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan Kabupaten Demak Tri Handayani menyampaikan bahwa frambusia merupakan penyakit menular yang dapat menyebabkan cacat fisik.

“Rata-rata frambusia menyerang anak-anak dengan usia mulai kurang dari lima tahun. Penyakit ini erat kaitannya dengan hygiene sanitasi. Biasanya terjadi di sosial ekonomi rendah, daerah-daerah yang kumuh dan kotor,” terang Handayani, (26/7/2021).

Penularan penyakit ini melalui cairan dari kulit yang terluka. Terutama jika terkena kulit yang tergores, sehingga dapat tertular penyakit ini.

Baca Juga :   Berbatasan dengan Kudus, 10 Desa di Demak Perlu Pengetatan PPKM

“Penularannya dari lukanya, kan keluar cairan. Jika mengenai kulit manusia yang lain, walaupun kulitnya hanya tergores atau gatal itu ada sedikit lecet dan terkena cairan di kulit, maka akan tertular. Tapi kalau kulit sehat tidak bisa. Atau dibawa lalat, nah kalau lalat hubungannya dengan kebersihan lingkungan kita,” ujar Handayani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati