Menjaga Kulit Tetap Lembab, Konsumsi 7 Makanan Berikut

Menurut NIH, vitamin C bukan hanya memiliki manfaat kesehatan untuk hidrasi kulit dan fungsi pelindung. Misalnya, mengonsumsi vitamin C diketahui dapat juga menurunkan risiko terkena katarak dan mengurangi keparahan gejala pilek.

  1. Minyak hati ikan kod

Minyak hati ikan kod bisa menjadi pilihan makanan untuk membantu mengatasi kulit kering karena merupakan sumber vitamin D yang baik. Satu sendok makan minyak hati ikan kod bisa mengandung 34 mcg Vitamin D yang setara dengan 170 persen dari kebutuhan vitamin D harian.

Ada berbagai jenis vitamin D yang bisa diperoleh dari minyak hati ikan kod, termasuk vitamin D3 dan vitamin D2. Vitamin D3 ini dapat menghambat keratinosit yang menyebabkan kondisi kulit kering seperti psoriasis. Vitamin ini juga dapat mengurangi peradangan, mempercepat penyembuhan luka, dan membantu memerangi efek sinar UV.

  1. Susu kedelai, almond, dan oat

Susu kedelai, almond, dan oat yang diperkaya dengan vitamin D merupakan sumber nutrisi yang baik. Menurut NIH, 1 porsi susu kedelai, almond, dan oat bisa mengandung 2,5–3,6 mcg vitamin D atau 13–18 persen dari jumlah kebutuhan vitamin D harian.