oleh

Guru Honorer di Pati Berharap Pemerintah Perhatikan Hak-Hak Pendidik

Pati, Mitrapost.com – Mendekati waktu berlangsungnya Seleksi Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) membuat kalangan Tenaga Kependidikan merasa tegang.

Pasalnya, momentum ini merupakan kesempatan yang dinantikan oleh sebagian besar guru dan tenaga kependidikan honorer di Kabupaten Pati yang jumlahnya cukup banyak.

Pbb - Mitrapost.com

Banner Bphtb - Mitrapost.com

Sebagian besar dari mereka sangat penuh harap agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati selalu menghargai jasa-jasa guru dan memperhatikan hak-hak guru. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh salah seorang Guru honorer asal Sekolah Dasar (SD) Negeri Dadirejo 01, bernama Rizka Aryanti.

Menurutnya pemerintah perlu segera mengangkat para guru honorer menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) supaya pendidikan dapat berjalan optimal. Pasalnya, kualitas pendidikan akan semakin maju jika ada daya dukung secara jaminan kesejahteraan bagi tenaga kependidikan.

Baca Juga :   Tingkatkan Kompetensi Siswa, MGMP Farmasi Pati Adakan Lomba Tingkat SMK

“Kebutuhan tenaga pendidik memang sangat banyak. Apalagi tahun depan merupakan tahun pensiun besar-besaran,” imbuh wanita yang akrab disapa Bu Rizka.

Ia menganggap bahwa banyaknya jumlah SD di Kabupaten Pati sangat mempertimbangkan kebutuhan tenaga pendidik. Apalagi berdasarkan data dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati, terdapat 643 SD Negeri di Bumi Mina Tani.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Disdikbud Pati, perekrutan PPPK JF Guru disesuaikan dengan kebutuhan di level sekolah. Apalagi, kini pihaknya tengah berupaya menyeimbangkan antara rekrutmen ASN Guru dengan banyaknya guru yang pensiun.

“Sekarang kondisinya ada banyak yang pensiun, maka dari itu kami berniat merekrut sesuai dengan jumlah banyaknya guru yang pensiun.” Ucapnya.

Baca Juga :   Tahapan Liga 3 Mulai Bergulir Bulan Ini, Berikut Jadwal Lengkapnya

Dengan adanya seleksi tersebut, membuktikan bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim yang telah mewujudkan program rekrutimen 1 juta guru melalui PPPK pada 2021. Dengan rincian, lowongan PPPK JF Guru di Kabupaten Pati mencapai 1.762 formasi.

Para guru honorer di Pati akan berkompetisi secara sportif dalam seleksi kali ini. (*)

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait