Nelayan Pati Harapkan Pembinaan dari Pemerintah

Pati, Mitrapost.com – Sering menemui rasa was-was ketika melaut, nelayan Pati berharap tidak terus-menerus mendapat perlakuan represif dari pihak aparat keamanan laut.

Pasalnya, kini nelayan tengah menghadapi situasi yang serba sulit dalam melakukan penangkapan ikan di lautan. Kondisi tersebut dikarenakan adanya berbagai macam faktor. Faktor-faktor tersebut sebagaimana disampaikan oleh Ketua Paguyuban Nelayan Mina Santosa asal Desa Bendar, Juwana.

Ia menyebut adanya pelarangan cantrang, kondisi suhu di laut yang rendah, terbatasnya Wilayah Pengelolaan Peikanan (WPP), harga ikan menurun akibat pandemi Covid-19, belum jelasnya Surat Ijin Penangkapa Ikan (SIPI), dan belum jelasnya ketetapan Pungutan Hasil Perikanan (PHP). Ditambah lagi dengan ketidakjelasan peraturan mengenai Surat Keterangan Melaut (SKM).

Baca Juga :   News Grafis : Perusahaan Besar Diharapkan Dongkrak Ekonomi Pati

Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) perlu lebih pro-aktif dalam meninjau kondisi para nelayan sebagaimana pelaku ekonomi yang berada di level bawah. Sehingga hak-hak nelayan dapat diwadahi dengan baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati