Bantu Ekonomi Warga, Poktan Diminta Berdayakan Warga Sekitar

Pati, Mitrapost.com – Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik 2021 dialokasikan untuk sarana dan prasarana bidang pertanian. Nantinya akan disalurkan kepada warga yang tergabung di dalam Kelompok Tani (Poktan).

Pada proses pelaksanaan pembangunanya, kelompok tani bertanggungjawab penuh dalam mengelola keuangan yang diterima. Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Lahan dan Air (PLA) Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati, Evi Nindya Kusuma saat ditemui Mitrapost.com di kantor Dispertan Kabupaten Pati belum lama ini.

Kelompok tani yang mendapat anggaran pembangunan diminta memberdayakan warga sekitar untuk dipekerjakan dalam proyek tersebut. Kondisi ini dinilai mampu membantu kondisi perekonomian warga ditengah pandemi Covid-19.

Ia menyampaikan, setiap kelompok tani yang diberi anggaran DAK Fisik diminta untuk membentuk Unit Pengelola Keuangan Kegiatan (UPKK). UPKK tersebut bertanggungjawab mengelola keuangan maupun sebagai perancang konsep pembangunan infrastruktur yang dipilih.