oleh

434 Anak di Pati Jadi Yatim Karena Covid-19

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Pati, Mitrapost.com – Dinas Sosial (Dinsos) P3AB Kabupaten Pati menyebut ada 434 anak yang jadi yatim piatu akibat Covid-19. Dari angka tersebut 14 anak berstatus yatim piatu sementara sisanya berstatus yatim dan piatu.

Menurut Catatan Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pati, Etik Tri Hartanti.

Data didapat dari Puskesmas se-Kabupaten Pati dan saat ini data tersebut sedang diverifikasi oleh Dinsos P3AB di lini desa.

Etik menjelaskan, pendataan ini merupakan tindak lanjut surat Kemensos yang menginstruksikan pendataan anak yang menjadi yatim dan piatu atau keduanya (yatim piatu) setelah orangtuanya meninggal karena Covid-19.

“Kementerian PPPA dan Kemensos serta Kepolisian meminta untuk mendata anak yatim, yatim piatu, atau piatu yang orangtuanya meninggal karena Covid. Di masa pandemi ada banyak sekali anak yang jadi yatim karena orang tuanya meninggal akibat covid di Pati sendiri ada 434 yang masuk kategori,” kata Etik kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya hari ini, Senin (23/8/2021).

Baca Juga :   Perpanjangan PPKM, Komunitas Pati Peduli Bagi-Bagi Nasi ke PKL

Setelah didata, anak-anak tersebut akan mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah pusat. Adapun jenis bantuan dan kapan akan disalurkan, Etik belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut.

Pemerintah kabupaten Pati juga akan melakukan pendampingan dan memastikan mendapat sang anak mendapat pendidikan dan kehidupan yang layak.

“Jumlah segini akan dikeroyok bareng bareng (OPD) biar bantuan tidak dobel-dobel. Untuk Pendidikannya di Dinas Pendidikan. Kalau masih punya keluarga kita lihat pengasuhan pendidikannya gimana baik atau enggak,” kata  Etik kepada Mitrapost.com.

“Untuk pengasuh nanti kita kerjasama dengan bidang sosial agar keluarganya dapat Bansos. Sementara yang tidak punya pengasuh akan dititipkan ke panti asuhan,” lanjutnya.

Karena data berdasarkan Puskesmas kecamatan, Etik meminta kepada warga Pati yang merasa dilingkungannya ada anak yatim akibat Covid-19 dan belum terdata, bisa mendaftarkan melalui kantor Dinsos P3AB Pati Jl. Ki Juru Mertani, Cengkok, Sidoharjo, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati agar bisa dicover bantuan pemerintah.(*)

Baca Juga :   Pandemi Tak Kunjung Usai, Pendaftar Haji Kabupaten Batang Menurun

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar