434 Anak di Pati Jadi Yatim Karena Covid-19

Pati, Mitrapost.com – Dinas Sosial (Dinsos) P3AB Kabupaten Pati menyebut ada 434 anak yang jadi yatim piatu akibat Covid-19. Dari angka tersebut 14 anak berstatus yatim piatu sementara sisanya berstatus yatim dan piatu.

Menurut Catatan Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pati, Etik Tri Hartanti.

Data didapat dari Puskesmas se-Kabupaten Pati dan saat ini data tersebut sedang diverifikasi oleh Dinsos P3AB di lini desa.

Etik menjelaskan, pendataan ini merupakan tindak lanjut surat Kemensos yang menginstruksikan pendataan anak yang menjadi yatim dan piatu atau keduanya (yatim piatu) setelah orangtuanya meninggal karena Covid-19.

“Kementerian PPPA dan Kemensos serta Kepolisian meminta untuk mendata anak yatim, yatim piatu, atau piatu yang orangtuanya meninggal karena Covid. Di masa pandemi ada banyak sekali anak yang jadi yatim karena orang tuanya meninggal akibat covid di Pati sendiri ada 434 yang masuk kategori,” kata Etik kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya hari ini, Senin (23/8/2021).