BPBD Kota Semarang Lakukan Pemantauan Bencana Dini dengan EWS

Semarang, Mitrapost.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang lakukan pemantauan bencana dini dengan menggunakan early warning system (EWS) yang telah dipasang di tujuh titik daerah rawan banjir.

Sekretaris BPBD Kota Semarang, Winarsono mengatakan tujuh EWS ini sudah dilengkapi CCTV sehingga mudah dalam pemantauannya. EWS yang dipasang di sungai berfungsi untuk mendeteksi kemungkinan bencana banjir terutama yang akan terjadi di Daerah Aliran Sungai (DAS) di kota Semarang. Khusus longsor satu EWS bantuan dari BNPB di pasang Kelurahan Sukorejo, Gunungpati.

“Alat ini berfungsi memantau debit air secara realtime. Harapannya, bisa segera mengambil langkah antisipasi sebelum banjir bandang tiba. Kita terus lakukan monitoring debet air secara realtime di DAS yang rawan seperti Sungai Plumbon dan Beringin,” katanya.

Baca Juga :   54 Pelaku Wisata Peroleh Bantuan Sembako

Winarso menyebut, terdapat dua titik EWS yang ditempatkan di Sungai Plumbon, Tiga di Sungai Beringin, satu di Sungai Pengkol dan satu di Sungai Babon. Nantinya EWS akan dipasang di Banjir Kanal Barat dan Banjir Kanal Timur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati