oleh

Cilacap dan Brebes Raih Penghargaan Produktivitas Tertinggi Bidang Pertanian

Jakarta, Mitrapost.com – Kabupaten Cilacap dan Brebes meraih penghargaan Bidang Pertanian 2021, kategori peningkatan produktivitas tertinggi tahun 2019-2020 tingkat kabupaten.

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen memberikan apresasinya atas penghargaan yang diperoleh kedua kabupaten tersebut.

Bpkad Pati

“Kami dari pemerintah Provinsi menyampaikan selamat kepada Kabupaten Cilacap dan Brebes, yang meraih penghargaan Bidang Pertanian peningkatan produktivitas tingkat kabupaten,” kata Wagub, usai menerima penghargaan Bidang Pertanian 2021 kategori peningkatan ekspor tertinggi, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (13/9/2021).

Gus Yasin juga mengatakan bahwa penghargaan tersebut harus menjadi penyemangat dan inspirasi bagi daerah lain untuk memajukan produksi pangan di sektor pertanian.

“Semoga bisa dipertahankan dan lebih maju lagi. (Penghargaan) ini juga bisa jadi inspirasi dan penyemangat, supaya kita kerja lebih keras lagi meningkatkan produktivitas di sektor pertanian,” tambahnya.

Baca Juga :   Kebutuhan Hidup Mendesak, Pria Ini Terpaksa Jual Ribuan Pil Koplo

Dia menerangkan Kabupaten Cilacap memiliki provitas (produktivitas tanaman) sebesar 3,94 per hektare dengan produksi mencapai 93,942 ton. Sementara Kabupaten Brebes memiliki provitas sebesar 6,60 per hektare dengan produksi mencapai 67,537 ton.

Ditambahkan, pada kesempatan yang sama Provinsi Jawa Tengah juga meraih penghargaan terbaik Abdi Tani 2021 dari Kementerian Pertanian dengan kategori Nilai Ekspor Komoditas Pertanian Tertinggi di Indonesia. Penghargaan tersebut, diterima secara langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen.

“Jawa Tengah meraih penghargaan sebagai Provinsi dengan peningkatan nilai ekspor tertinggi, mencapai Rp. 8,3 triliun. Selain itu, Kabupaten Semarang juga masuk ke dalam lima besar pada tingkat kabupaten dengan peningkatan nilai ekspor mencapai Rp. 2,5 triliun,” kata Gus Yasin.

Baca Juga :   Pertanian Penyokong Perekonomian Pati di Tengah Pandemi

Dia menambahkan, untuk meningkatkan ekspor komoditas pertanian perlu kerjasama berbagai pihak. Salah satunya, seperti yang diusulkan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengajukan Pelabuhan Tanjung Semarang menjadi Pelabuhan hortikultura.

“Dengan pelabuhan tersebut Pak Gubernur dan saya juga berharap ekspor komoditas pertanian bisa dikirim dari Pelabuhan Semarang. Dengan demikian rangkaian ekspor ini juga nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan petani,” tambahnya.

Selain itu, Gus Yasin juga mengimbau para petani untuk mulai bersaing dengan mancanegara. Menurutnya, banyak potensi pertanian yang dapat dikembangkan, sehingga jumlah ekspor bisa meningkat.

“Saya dapat kabar beberapa waktu lalu, ada uji lab di Jateng ini yang menunjukkan Edamame kita lebih baik kualitasnya dibanding Amerika. Maka itu perlu kita dorong lagi,” papar Gus Yasin.

Baca Juga :   Mampu Produksi 700 Ton, Dispertan Tingkatkan Budidaya Kopi Lokal

Sebagai informasi, Penghargaan Bidang Pertanian 2021 diterima secara langsung oleh Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, dan Bupati Brebes Idza Priyanti. Penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin didampingi Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo di Istana Wakil Presiden, Jakarta. (*)

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait