oleh

Bantuan Tunai Rp400 Ribu Kepada UMKM Pariwisata di Pati Mulai Cair

Pati, Mitrapost.com – Tak hanya pemilik tempat wisata saja yang dirugikan selama masa Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19), begitupun para pelaku UMKM yang bernaung dibawahnya.

Hampir vakum selama 1,5 tahun, objek pariwisata ditutup. Hal ini menyebabkan, banyak para pelaku UMKM yang kehilangan mata pencarian.

Bpkad Pati

Untuk meringankan beban selama pandemi, sebanyak 132 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di lingkungan objek pariwisata di Pati mendapat bantuan uang tunai Rp200 ribu selama dua bulan.

Para pelaku UMKM yang menerima bantuan ini terdiri dari pedagang souvenir, pedagang makanan siap saji dan pedagang oleh-oleh.

Bantuan uang tunai ini merupakan realisasi daripada program bantuan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dicanangakn oleh Kementerian pariwisata Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenkraf RI). Program ini bertujuan untuk mengurangi dampak Covid-19 terhadap perekonomian selain penanganan krisis kesehatan.

Baca Juga :   Dinsos Pati Terima 8 Aduan Kasus Pencabulan dan 21 Kasus Bullying

Wahyu Setyati, kepala Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop UMKM) mengatakan, pihaknya sebelumnya telah mengajukan sejumlah 400 pelaku usaha, namun hanya 132 yang terverifikasi lantaran terdeteksi tumpang tindih atau telah menerima bantuan sosial lain.

“Bantuannya berupa uang perbulan Rp200 ribu selama 2 bulan, ada Rp400 ribu yang akan menerima. Tapi itu tidak boleh menerima bansos selain itu. Jika benar-benar tidak menerima, baru diberi,” kata Wahyu kepada Mitrapost.com saat diwawancarai di katornya hari ini, Sabtu (18/9/21).

Seperti bantuan sosial yang lain, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di daerah hanya sebagai fasilitator dan pengaju sementara dana dicairkan langsung dari pemerintah kepada pelaku usaha.

“Kalau pencairannya sudah ada, yang sudah cair sekitar sekitar 20 langsung. Langsung ke Kantor pos,” kata Wahyu kepada Mitrapost. (*)

Baca Juga :   Prakiraan Cuaca Kabupaten Pati, Minggu 11 Juli 2021

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait