Terbentur Anggaran, Selama Pandemi Disnakertrans Pati Hentikan Program Transmigrasi

Pati, Mitrapost.com – Tri Hariyama, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pati menyebutkan, selama masa pandemi program transmigrasi Pati dihentikan sementara karena berbagai alasan.

Transmigrasi merupakan program memindahkan penduduk Pati ke wilayah pengembangan transmigrasi (WPT) dengan tujuan meningkatkan dan mempercepat pengembangan potensi wilayah melalui pengembangan ekonomi daerah, wilayah tertinggal, perbatasan dan permukiman, serta untuk juga menopang pembangunan perdesaan dan perkotaan di wilayah WPT.

Sementara di Kabupaten Pati, program ini sendiri disebut sebagai program yang paling efektif mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Pati.

“Dinas tenaga kerja mengurangi angka kemiskinan utamanya mengirim warga kurang mampu ke daerah transmigrasi. Pati penyumbang masyarakat ke daerah tertentu. Yang antusias ingin bertranmigrasi masih banyak.Tapi di tahun 2020-2021 kabupaten Pati tidak memberangkatkan,” ujar Tri Hariyama saat menyampaikan materi di acara sosialisasi Peluang,  Mekanisme, dan Prosedur Kerja tahun 2021, Sabtu (25/9/21).