Terima Aduan Bau Tak Sedap di Sekitar Pabrik Pengolah Ikan, Ini Jawaban DLH

Jelasnya, bau busuk dari pabrik diklasifikasikan dari dua sumber, yaitu dari limbah air dan limbah udara.

Tulus mengklaim, Pengerjaan pembangunan Instalasi Perpipaan Air Limbah (IPAL) di kawasan industri cukup efektif, dibuktikan dengan laporan tes laboratorium yang dilakukan sebulan sekali.

Berbeda dengan limbah udara yang berasal dari uap pembakaran bahan baku, yang menurut tulus masih sulit ditanggulangi karena wujudnya tak terlihat.

“Kita instruksikan bukan hanya kualitas airnya, tapi mengontrol suhu yang dikeluarkan. Untuk air kan suhu ada batasnya, jangan sampai itu dilampaui,” jelasnya.

Lanjut Tulus, selain pabrik pengolah ikan, kandang budidaya ayam milik warga sekitar juga sebenarnya berkontribusi pada penyebaran bau busuk. Bau kandang ayam, menambah konsentrasi bau asap pabrik sehingga baunya makin menyengat.

Baca Juga :   Dihadapkan Jadwal Ketat, Ketua Persipa Pati Tetap Optimis

“Jadi jangan hanya menyoroti perusahan perikanan tapi juga sebetulnya aktifitas masyarakat ada kegiatan peternakan ayam juga yang marak,” tandasnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati