Jubir Jokowi Beri Alasan Halangan Pemindahan Ibu Kota Indonesia

Mitrapost.com– Fadjroel Rachman, Juru bicara Presiden mengungkapkan halangan yang berpotensi muncul saat pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Fadjroel menyinggung halangan yang berpotensi muncul dari para pendukung kebiasaan lama.
“Halangan perubahan bisa muncul dari para pendukung kebiasaan lama, namun Bangsa Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dengan tulus ikhlas mengajak seluruh rakyat Indonesia bergotong-royong mengatasi masalah dan bergerak maju bersama-sama,” kata Fadjroel dilansir dalam DetikNews.

Fadjroel bersyukur Surat Presiden (Surpres) tentang RUU IKN telah diserahkan ke Ketua DPR RI Puan Maharani. Ia mengatakan pemindahan ibu kota Indonesia merupakan langkah Indonesia-sentris.

“Ibu kota negara yang baru berada di tengah wilayah geografis Nusantara merupakan simbol transformasi progresif menuju Indonesia Maju. Transformasi progresif dari kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru yang berprinsip pada Indonesia-sentris (pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia), perlindungan lingkungan dalam menghadapi climate change, kualitas baru tata kelola pemerintahan, dan transformasi progresif dan menyeluruh kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya,” kata Fadjroel.