Peringatan Hari Binatang Sedunia dan Sejarahnya

Mitrapost.com– Hari Binatang Sedunia atau World Animal Day diperingati setiap tanggal 4 Oktober. Peringatan tersebut bertujuan mendorong masyarakat untuk menghargai binatang berikut dengan kesejahteraan dan hak-hak dari hewan tersebut.

Peringatan Hari Hewan Sedunia dicetuskan pertama kali oleh Heinrich Zimmermann sebagai penulis dan aktivis pelindung hewan, pada awal abad ke 20. Heinrich Zimmermann menyelenggarakan hari binatang sedunia pertama kali pada 24 Maret 1925 di Sport Palace, Berlin. Ia menarik perhatian sekitar 5.000 pengunjung untuk menghadiri acara tersebut.

Ide perayaan hari binatang menarik banyak khalayak, Italia melalui rapat Kongres Organisasi Perlindungan Binatang mengubah tanggal yang semula 24 Maret menjadi 4 Oktober. Tanggal tersebut dipilih bersamaan dengan perjamuan Santo Fransiskus. Menurut keyakinan masyarakat, Santo Fransiskus dari Asisi adalah santo pelindung ekologi, termasuk kesejahteraan hewan. Legenda juga menyatakan bahwa Santo Fransiskus mampu berkomunikasi dengan binatang dan menjinakkannya.