Tawarkan Kearifan Lokal, Desa Wisata Sumberbulu Karanganyar Masuk dalam 50 Besar ADWI

Karanganyar, Mitrapost.com – Desa wisata Sumberbulu yang menawarkan kearifan lokal, masuk dalam 50 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang digelar Kemenparekraf RI.

Desa wisata yang terletak di Desa Pendem Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ini juga menawarkan paket wisata, pemberdayaan masyarakat, hingga kearifan lokal.

Manajer Desa Wisata Sumberbulu, Titin Riyadiningsih menyampaikan, Desa Wisata Sumberbulu mengusung konsep memberdayakan masyarakat sekitar, baik dari kalangan karang taruna, petani, dan pelaku UMKM.

“Di sini kan tidak punya potensi wisata alamnya, hanya ada pertanian dan sendang (mata air). Jadi, konsep yang kita bawa adalah pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkan, melalui peran masyarakat sejak dirintis 2017 lalu, Desa Wisata Sumberbulu mulai pendataan, pemetaan, dan pengembangan. Hingga saat ini sudah ada tiga paket wisata yang disajikan.

Baca Juga :   Oksigen Gratis Bagi Masyarakat Karanganyar

Diantaranya adalah Paket Sumberbulu Experience, di dalamnya ada wisata edukasi, baik pertanian organik, biogas, kerajinan, cooking class dan pembuatan jamu tradisional. Kemudian ada paket Sumberbulu Adventure Etnic, yang berisi kesenian seperti lesung, reog dan tari. Serta ada paket Sumberbulu Adventure Journey dan outbound serta training.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati