oleh

Video : Kabupaten Pati Diuntungkan dengan adanya Angin Muson Timur

Pati, Mitrapost.com – Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan pada kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati, Hermain menyebut jika Kabupten Pati diuntungkan dengan adanya Angin Muson Timur tahun ini.

Akibat fenomena tersebut curah hujan di musim penghujan tahun ini cukup rendah sehingga bencana alam bisa diminimalisir. Ia bahkan mengatakan jika turunnya angka Covid-19 di Pati juga ada pengaruhnya dengan angin muson.

Bpkad Pati

“Khusus Pati, potensi bencananya turun karena Pati diuntungkan. Ini aneh, kenapa Covid di Pati tidak sebesar yang lain ? Karena anginnya besar dari timur laut, curah hujan rendah. Sehingga penyakitnya hilang terbawa angin,” ujar Hermain saat ditemui di kantor BPBD Pati, Selasa (12/10/2021).

Baca Juga :   Video : 570 Formasi Perangkat Desa di Pati Kosong

Dijelaskan bahwa, hadirnya angin dari timur laut juga membawa dampak positif lain bagi sektor perekonomian. Salah satunya proses panen lahan pertanian karena tidak ada air yang menggenangi lahan sawah.

“Proses penjemuran hasil panen padi dan kacang juga lancar karena terus mendapatkan sinar matahari,” ungkapnya.

Cuaca cerah juga menyebabkan gelombang laut cenderung rendah membuat nelayan mudah untuk melaut mencari ikan.

Kendati demikian, angin muson timur juga harus disikapi dengan bijak. Angin ini bersifat kering dan membawa panas. Kondisi ini diprediksikan musim kemarau tahun depan lebih panjang dibandingkan tahun ini.

“Kalau tahun depan saya belum tahu lagi. Kita mengikuti ke triwulan BMKG. Karena hujannya lebih kecil. Kemungkinan musim kemarau lebih panjang,” ujar Hermain.

Baca Juga :   Dewan Agendakan Dropping Air Bersih, Atasi Kekeringan di Kabupaten Pati

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait