oleh

Eks KPK akan Bentuk Partai Politik, Puskapol UI Ingatkan Rumit

Mitrapost.com– Mantan pegawai KPK berniat untuk membuat partai politik, Aditya Perdana selaku Direktur Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia (Puskapol UI)  mengingatkan rumitnya mengurus persyaratan partai politik.

“Sebenarnya mendirikan partai politik bukan hal yang mudah. Kenapa enggak mudah? Karena tentu persyaratan administrasinya juga merumitkan,” kata Aditya, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (15/10/2021).

Pbb - Mitrapost.com

Banner Bphtb - Mitrapost.com

Aditya mengungkapkan pentingnya modal sosial dan jejaring yang luas untuk mendirikan partai politik. Selain itu partai politik juga harus mewakilkan semua provinsi.

“Artinya pertanyaan pentingnya adalah, apakah teman-teman mantan pegawai KPK ini punya jejaring nasional yang sangat luas untuk kemudian penting untuk mendirikan sebuah parpol,” ucap dia.

Selain itu, ia mengatakan, unsur ketokohan eks pegawai KPK belum bisa menjadi satu-satunya aspek untuk menjaring dukungan masyarakat. Kemudian, masyarakat juga modal sosial politik yang sudah dimiliki oleh seorang tokoh partai.

Baca Juga :   Jaksa KPK Dilaporkan karena Memasang Bendera HTI di Meja Kerja

“(Sosok tokoh) Itu buat saya juga bukan hal yang gampang,” kata dia.

Meskipun demikian, ia mengapresiasi niat pendirian partai oleh pegawai KPK. Ia menilai niat tersebut sangat mulia karena memang setiap warga negara mempunyai hak untuk mendirikan partai politik.

“Menurut saya sih itu sah-sah saja untuk punya keinginan tujuan mulia dan kita menjadi sangat hormat dengan teman-teman,” ucap dia.

Rasmala mengungkapkan Partai Serikat Pembebasan yang akan didirikan tersebut dapat memberi perubahand an kemajuan bagi negara Indoneisa. (*)

“Kalau bisa terwujud (Partai Serikat Pembebasan) saya yakin kita bisa memberikan dorongan lebih kuat lagi untuk perubahan, dan kemajuan bagi indonesia, tentu syaratnya Indonesia mesti bersih dari korupsi,” kata Rasmala saat dihubungi, pada Rabu (13/10/2021).

Baca Juga :   Kades Wadul Tentang Irigasi, Endro : Akan Kami Perjuangkan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Eks Pegawai KPK Berencana Bikin Parpol, Puskapol UI Ingatkan Rumitnya Syarat Pendirian”

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait