oleh

Menteri Keuangan Datangi IMF, Bukan untuk Utang

Mitrapost.com– Sri Mulyani Menteri Keuangan Republik Indonesia mendatangi kantor International Monetary Fund (IMF), Amerika Serikat (AS).Diketahui Menteri keuangan tersebut datang untuk pertemuan tahunan.

Sri Mulyani mengungkapkan dalam pertemuan tersebut membahas mengenai pemulihan ekonomi dunia yang belum merata akibat Covid-19.

Pbb - Mitrapost.com

Banner Bphtb - Mitrapost.com

“Hari kedua pertemuan tahunan IMF World Bank. Pembahasan mengenai pemulihan ekonomi dunia yang tidak merata akibat tidak semua negara mampu mendapat akses vaksin COVID dan munculnya tantangan dan ketidakpastian baru juga menimbulkan komplikasi bagi para pembuat kebijakan,” tulis Sri Mulyani dalam Instagram @smindrawati, Jumat (15/10/2021).

Ia menyebut banyak sector yang menyebabkan negara-negara maju ditekan inflasi sehingga berdampak pada kenaikan harga minyak dan gas, harga komoditas, hingga harga pangan.

Baca Juga :   Covid-19 di Rembang Kembali Meningkat, Bertambah 33 Kasus

“Kondisi ini akan memaksa perubahan kebijakan moneter di negara maju yang berpotensi menimbulkan dampak rambatan spill over ke seluruh dunia. Semua negara mengalami penurunan ruang fiskal dan moneter. Sementara tekanan ekonomi masih belum menurun,” imbuhnya.

Menteri keuangan tersebut juga mengatakan bahwa permasalahan yang sedang dihadapi menuntut negara menyusun kebijakan penanganan yang memerlukan data yang banyak.

“Namun apabila tidak ditangani sejak sekarang akan menimbulkan dampak kerugian material yang sangat besar dan bahkan krisis kemanusiaan,” ungkapnya.

Menurut Sri Mulyani, kebijakan Fiskal Moneter yang responsif dan fleksibel, namun tetap terukur dan akuntabel.

“Konsolidasi fiskal harus dilakukan secara bertahap dan sesuai tahap dan perkuatan pemulihan. Reformasi struktural untuk membangun dan memperkuat fondasi ekonomi yang produktif, inovatif dan kompetitif harus terus dilakukan dengan konsisten dan efektif serta berhasil guna,” ungkapnya.

Baca Juga :   97 Ribu Data PNS Fiktif, Menteri PAN-RB Buka Suara

Menteri keuangan tersebut juga mengatakan kesinergitasan antar negara sangat penting.

“Sinergi semua pemangku kepentingan sangat penting,” tutupnya. (*)

Artikel ini telah tayang di DetikFinance dengan judul “Sri Mulyani Datangi Kantor IMF di AS, Mau Ngapain Bu?”

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait