Penemuan Terowong Kuno di Kawasan Bogor

Penemuan saluran air kuno tersebut meyakinkan dugaan peneliti bahwa terdapat ruang bawah tanah .

“Sejauh ini ada 3 saluran air yang kita temukan, semuanya bertemu di ruangan itu. Pertama yang dari arah Jalan Nyi Raja Permas itu (pertama ditemukan), kemudian dari arah stasiun dan ketiga itu arah Sungai Cipakancilan,” kata Wahyu, Ketua Tim Penelitian Terowongan Kuno yang dibentuk Pemkot Bogor, Jum’at (15/10/2021).

“Jadi memang tempat yang kita datangi itu, kita kenali sebagai titik pertemuan dari beberapa saluran tadi,” kata tim ahli dari Universitas Pakuan Bogor ini menegaskan.

Wahyu mengungkapkan saluran air tersebut memiliki tiga fungsi yaitu drainase, irigasi dan pendukung kereta api di zamannya yang menggunakan tenaga uap.

Baca Juga :   Wakil Ketua DPR Dipanggil KPK sebagai Tersangka

“Mungkin kalau bicara fungsi itu ada fungsi drainase, tapi kemudian mungkin jika kaitkan dengan jaringannya mungkin juga ada fungsi irigasi, kemudian ketiga ada fungsi untuk kereta api di zaman itu yang menggunakan tenaga uap, jadi air digunakan untuk mendukung kereta api itu,” kata Wahyu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati