Umroh Tahun Ini Jadi Acuan Saudi Izinkan Haji Tahun Depan

Hamid menceritakan, pada November 2020 lalu saat dibuka umroh terbatas untuk beberapa negara, ada 13 orang jamaah Indonesia yang terpapar Covid-19 namun diloloskan berangkat ke Saudi. Saat itu spontan Saudi langsung menutup akses masuk jamaah dari Indonesia.

“Sekaligus ini evaluasi kegiatan umrohnya. Karena kemarin pas ada kegiatan  umroh Indonesia jadi masalah. Mereka menggampangkan, sudah PCR  negatif semua, tetapi di sana kok ada yang positif, entah bironya atau petugasnya yang nakal ? Atas pengalaman itu sebisa mungkin ini tidak akan terulang kembali,” kata Hamid kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya belum lama ini.

Untuk menghindari hal serupa, pihak Kemenag tahun ini lebih memperketat protokol kesehatan pada jamaah umroh . Serangkaian protokol mengurangi risiko atau mitigasi penularan virus Covid-19 untuk panitia dan jamaah sudah dirancang jauh-jauh hari.

Baca Juga :   Bupati Gowes Bareng OPD, Ikut Nglarisi Dagangan PKL & UMKM

“Ini menetukan juga kalau dia positif harus di karantina. Sudah ada mitigasi persiapan umroh bahkan haji soal karantina, jika ada negatif bagaimana. Jujur saja kalau haji memang belum ada informasi tapi kami berharap segera ada info,” pungkas Hamid. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati