Kasus ODGJ di Kebumen Masih Tinggi, Bupati Harap Upaya Penanganan Tepat

Kebumen, Mitrapost.com – Kasus Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di kabupaten Kebumen masih tergolong tinggi, karena termasuk dalam lima besar di Jawa Tengah, dengan angka mencapai 4 ribu jiwa. Oleh karena itu, bupati Kebumen Arif Sugiyanto berharap adanya upaya penanganan yang tepat, baik dari pihak yang berwenang maupun masyarakat sekitar.

Hal tersebut disampaikan bupati dalam acara Talkshow “Ngobrol Santai Program Sehati Bareng Bupati” Dalam Rangka Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) Tahun 2021 di Mexolie Hotel (21/10/2021).

“Penderita ODGJ di Kebumen ini masih 5 besar di Jateng. Sebelumnya tahun 2013 masuk 3 besar, alhamdulillah sekarang sudah membaik. Mengatasi ini kita memang harus turun langsung, mendekati mereka,” ujar Bupati.

Baca Juga :   Puluhan ODGJ Terima Vaksinasi

Bupati juga mengajak semua pihak untuk berempati kepada para ODGJ, dengan merangkul tanpa dikucilkan dan juga memberikan kebutuhan mereka.

“Jadi pemerintah dan masyarakat harus sama-sama hadir. ODGJ ini harus kita rangkul, apa yang menjadi kebutuhan mereka kita berikan. Jangan sampai dikucilkan, atau dibiarkan mereka sakit sampai berkeliaran di jalan tanpa ada perawatan,” terang Bupati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati