Harga Jagung Pakan Melambung, Rembang Gandeng Bulog Salurkan Jagung Murah

Rembang, Mitrapost.com – Anjloknya harga telur beberapa pekan juga dirasakan oleh Kabupaten Rembang. Terpantau minggu ini, harga telur berada di angka Rp15.500 per kilogram. Sementara harga jagung yang merupakan bahan baku utama pakan ayam melambung hingga Rp5.200 per kilogram.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Dintanpan), Agus Iwan Haswanto menerangkan, komposisi pakan ternak ayam petelur adalah 50 persen jagung, 35 persen konsentrat dan 15 persen bekatul. Tingginya harga jagung membuat para peternak tak bisa menutup ongkos produksi.

“Sementara ini harga jagung tinggi, jagung berair 14 sampai 15 (persen) masih Rp5.200 per kilogram. Telur itu paling tidak Rp20.200 bisa untung untuk menutup biaya produksi. Kalau dihitung saat ini peternak hanya bisa untung Rp5.000 setiap memproduksi per kilo telur sebenarnya agak kasihan,” ungkap Agus kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya.

Baca Juga :   Masuki Pancaroba, BPBD: Kaliori Berpotensi Tinggi Diterjang Angin Puting Beliung

Untuk menanggulangi membengkaknya ongkos produksi para peternak, Kabupaten Rembang telah menggandeng Perum Bulog untuk mendapatkan  jagung berkadar air 14 persen dengan harga acuan Rp4.500 perkilogram.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati