Kecurangan Seleksi ASN Ditemukan, DPR Desak Sistem IT Diaudit

Mitrapost.comKecurangan seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) di Buol, Sulawesi Tengah ditemukan. Komisi II DPR meminta dilakukan audit untuk seleksi CASN di seluruh Indonesia. Kecurangan tersebut terdeteksi karena adanya modus remote acces yang menjadi sorotan public.

Hal tersebut diucapkan oleh Wakil Ketua Komisi II Luqman Hakim.
“Dari peristiwa yang terjadi di Kabupaten Buol itu, saya minta agar dilakukan investigasi dan audit forensik digital terhadap sistem IT tes seleksi ASN di semua daerah dan instansi yang telah menyelenggarakan tes calon ASN,” ujar Wakil Ketua Komisi II Luqman Hakim, pada Selasa (26/10/2021).

Luqman juga meminta pihak-pihak yang ikut andil dalam kecurangan ASN agar dihukum sesuai dengan aturan yang berlaku. Hal ini sangat penting mengingat kepercayaan masyarakat tentang tes ASN yang penuh dengan kecurangan, agar nantinya masyarakat dapat percaya sistem dan mekanisme tes seleksi calon ASN.
“Saya minta agar mereka dijatuhi hukuman yang berat. Baik hukuman disiplin pegawai maupun pidana. Praktek kecurangan ini bukan hanya mencoreng integritas BKN dan KemenPAN-RB, tapi juga ancaman serius bagi keamanan nasional,” jelas Luqman.