Diperingati Sebagai Tonggak Perjuangan, Berikut Sejarah Sumpah Pemuda

Mitrapost.com – Setiap tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Pada mulanya, Hari Sumpah Pemuda dideklarasikan pada tahun 1928 yang merupakan hasil rumusan dari Kongres Pemuda II Indonesia.

Momentum tersebut menjadi pelecut semangat para pemuda yang berjuang membebaskan diri dari kolonialisme Belanda kala itu. Ikrar teks Sumpah Pemuda terdiri atas tiga butir yang kini beredar.

Tiga butir ikrar teks Sumpah Pemuda yang kini banyak beredar dan dihafal banyak orang, yaitu :

“Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.”

“Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.”

“Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.”

Sejarah Hari Sumpah Pemuda

Peristiwa ini diawali oleh gerakan Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) yang menggagas Kongres Pemuda II di tiga gedung berbeda dan dibagi menjadi tiga kali rapat.

Baca Juga :   Ujian Sekolah di SD Ampel, Manfaatkan Teknologi Android

Pada masa itu Ketua PPPI dipimpin oleh Soegondo Djojopoespito. Selain itu, kongres ini juga dihadiri para pemuda yang nantinya kerap memiliki peran penting dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Mereka diantaranya adalah Kartakusumah (PNI Bandung), Abdulrachman (B.O Jakarta), Karto Soewirjo (P.B Sarekat Islam), Muh. Roem, Soewirjo, Sumanang, Masdani, Anwari, Tamzil, AK Gani, Kasman Singodimedjo, Saerun (wartawan Keng Po), WR Supratman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati