BPBD Pati Imbau Masyarakat Waspadai Hujan dengan Durasi Lama

Pati, Mitrapost.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati menyarankan kepada masyarakat untuk selalu waspada jika terjadi hujan lebat disertai angin dan hujan dengan durasi yang lama.

Menurut Martinus Budi Prasetya, Kepala BPBD Kabupaten Pati mengatakan, masyarakat yang tinggal di sekitar aliran sungai ataupun dibawah tebing, lebih baik menyiapkan diri untuk mengungsi.

“Kami menyarankan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar aliran sungai ataupun dibawah tebing, lebih baik menyiapkan diri untuk mengungsi ketika hujan durasinya lebih panjang yaitu satu jam sampai dua jam,” katanya.

Dia melanjutkan, hujan dengan durasi yang panjang bisa menyebabkan banjir dan tanah longsor. Bencana banjir dan tanah longsor bisa sewaktu-sewaktu terjadi kapan pun.

Baca Juga :   Program Jaring Pengaman Sosial Terbukti Efektif Tekan Jumlah Desa Kategori Tertinggal

Masyarakat juga diimbau untuk memangkas dahan-dahan pohon yang sudah tua. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya pohon tumbang yang dapat membahayakat masyarakat.

“Mungkin seperti pohon-pohon yang sudah tua, terus lapuk yang bisa membahayakan orang. Kemudian di potong, dikurangi supaya mengurangi resiko pohon tumbang,” ungkapnya kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya, Senin (8/11/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati