Sukses Budidayakan Alpukat Kendil, Kebun Semampir Siap Jadi Agrowisata

Batang, Mitrapost.com – Setelah sukses budidayakan alpukat dengan varietas Kendil atau alpukat Giant (raksasa), kebun Semampir yang terletak di kabupaten Batang ini, siap menjadi rintisan agrowisata dan wisata edukasi.

Alpukat Kendil sendiri memiliki bentuk yang berbeda daripada alpukat biasa. Pada jenis ini, memiliki ukuran dua hingga tiga kali lipat lebih besar disbanding dengan alpukat pada umumnya.

Di Batang pun alpukat jenis ini mulai dibudidayakan, salah satunya seperti yang ada di Kebun Semampir. Satu buah alpukat inipun beratnya kisaran 800 gram hingga 2 kg.

“Jenis alpukat kendil ini belum banyak dibudidayakan di Kabupaten Batang. Sehingga ke depannya bisa merintis agrowisata alpukat, sehingga nantinya masyarakat bisa menikmati wisata petik buah dan edukasi penanaman buah di Kebun Semampir,” kata Pengelola Kebun Semampir, Isnen Ambar Santosa saat ditemui di Desa Semampir, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang.

Baca Juga :   ANBK di Batang Diharapkan Mampu Latih Pola Pikir Kritis Anak

Kabupaten Batang, lanjut dia, sudah ada alpukat jenis kendil, namun belum banyak yang membudidayakan. Karena itu, pihaknya akan mengembangkan menjadi rintisan agrowisata dan wisata edukasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati