Indonesia dan Inggris Perkuat Kerjasama Keamanan Maritim

Jakarta, Mitrapost.com – Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris, Elizabeth Truss menyatakan ingin menguatkan hubungan kerjasama keamanan maritim dengan Indonesia. Mengingat, kini keamanan dan stabilitas di Indo-Pasifik menjadi salah satu isu yang menjadi sorotan.

Dalam penyampaiannya, Elizabeth Truss bertemu secara langsung dengan Menlu RI, Retno Marsudi di Jakarta (11/11/2021).

Truss mengungkapkan, beberapa pekan lalu Carrier Strike Group Inggris mengunjungi Jakarta. Pihaknya akan membangun kapal fregat di Surabaya pada tahun depan.

“Ini bagian dari kerja sama ekstensif kami (Inggris-Indonesia) di bidang pertahanan. Kami ingin memperdalam kerja sama kami di bidang keamanan maritim,” ujar Truss.

Pada September lalu, Australia, Inggris, dan Amerika Serikat (AS) membentuk aliansi bernama AUKUS. Dibentuknya aliansi ini sebagai upaya menandingi dominasi China di Indo-Pasifik.

Baca Juga :   Biaya Layanan Haji di Saudi Naik

Munculnya, aliansi itu dikritik beberapa negara Asia Tenggara karena berpotensi memicu ketegangan di kawasan perairan Asia Tenggara. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati