oleh

Apresiasi Pelaksanaan UKW, Wabup Rembang Harapkan Media Bantu Bangun Optimisme Daerah

Rembang, Mitrapost.com – Diadakannya Uji Kompetensi Wartawan (UKW), Wakil Bupati Rembang, Mochammad Hanies Cholil Barro” berikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan acara tersebut. Menurutnya, UKW akan menjadikan jurnalis lebih profesional lagi. Efek positifnya akan dapat dirasakan masyarakat, yakni dengan adanya sajian berita yang berkualitas dan terpercaya.

Pria yang akrab disapa Gus Hanies itu juga bangga dengan banyaknya awak media di Kabupaten Rembang yang telah lulus UKW. Artinya, mereka memegang prinsip- prinsip jurnalistik yang telah diatur dalam undang- undang pers yang berlaku.

“Kalau sudah UKW, artinya bukan ‘bodrek’. Sudah teruji dan pastinya memegang prinsip jurnalistik yang sudah diatur undang-undang. Karena itu kami bersyukur dan mengapresiasi kegiatan ini,” ungkap Gus Hanies saat memberikan sambutan dalam UKW yang digagas oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah di salah satu hotel di Kabupaten Rembang, (11/11/2021).

Baca Juga :   Pemkab Rembang Gelar Sosialisasi Terkait Cukai

Keberadaan media yang semakin banyak dapat berperan aktif membangun optimisme di daerah, terutama untuk pemberitaan di Kabupaten Rembang.

“Ini juga dibarengi dengan munculnya wartawan- wartawan yang sudah teruji kompetensinya, ” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PWI Jawa Tengah, Amir Machmud menyebut UKW ini adalah proses pengenaan mahkota kepada para anggotanya. Pasalnya, profesionalitas tidak hanya dimaknai dari satu keping pemahaman tentang kompetensi teknis.

“Tetapi juga dilengkapi dengan keping yang lain yang juga tidak kalah penting, yaitu kompetensi etis. Dan inilah selama dua hari diujikan ke peserta UKW kali ini, ” tandasnya.

Di masa kepemimpinannya sejak 2015, PWI Jateng telah menggelar 20 kali UKW. Ia pun menyebut bahwa UKW merupakan program “sunyi” yang tak menyentuh masyarakat .

Baca Juga :   Foto : Pedagang Boleh Tempati Lebih dari Satu Kios Sementara

“Namun UKW adalah program yang dapat menggema selamanya, menggema dihati, dirasa. Menggema didalam kontribusi kita di dunia kewartanan dan dalam kehidupan berbangsa bernegara, disini mendorong wartawan memperbaiki diri dan profesionalitasnya,” imbuhnya.

Dalam UKW kali ini diikuti oleh berbagai awak media cetak, elektronik maupun online. Mereka tak hanya berasal dari Rembang saja, tapi juga dari berbagai kabupaten di Jawa Tengah. (*)

 

Komentar

Berita Terkait