Pemanfaatan Sampah Dapur Menjadi Eco Enzym

Yogyakarta, Mitrapost.com – Sampah dapur seperti sisa sayuran segar dan kulit buah-buahan, bisa diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Dalam rangka pemanfaatan sampah rumah tangga, warga Kelurahan Karangwaru mengadakan pelatihan mengolah sampah dengan pembuatan eco enzym. Kegiatan ini bertempat di Karangwaru Riverside, Minggu (21/11). Kegiatan tersebut dilakukan dengan menggandeng warga untuk mengolah sisa sayuran segar dan kulit buah-buahan menjadi eco enzym.

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, saat ini sampah dapur tidak hanya sebagai sampah, namun bisa dijadikan bermanfaat yang sangat berguna. Sisa sampah tersebut dapat menghasilkan seperti sabun, pemutih, sabun cuci piring, lerak atau sabun untuk kain batik, hand sanitizer dan masih banyak lagi.

Baca Juga :   Warga Kampung Gemblakan Yogyakarta Deklarasikan Kampung Trantib

Hal ini yang dilakukan warga Karangwaru dimana limbah rumah tangga tersebut difermentasi terlebih dahulu untuk menjadi cairan yang bermanfaat.

“Sekarang sampah tidak ada yang dibuang, sampah dari sayuran dan buah-buahan dapat dijadikan sesuatu yang bermanfaat. Kalau diolah dengan benar dan tentunya dengan kesabaran saat melalui proses pembuatannya,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati