oleh

Mahfud MD Ingatkan Panglima TNI, Pendekatan ke Papua Bukan dengan Senjata

Jakarta, Mitrapost.com – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mendapat peringatan dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Bahwa penanganan permasalahan di Papua bukan dengan pendekatan senjata melainkan mendekatan kesejahteraan.

Hal itu ia sampaikan usai bertemu dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (25/11/2021).

Pbb - Mitrapost.com

Banner Bphtb - Mitrapost.com

“Intinya pendekatan Papua itu adalah pembangunan kesejahteraan yang komprehensif dan sinergis. Artinya, di Papua itu pendekatannya bukan senjata, tapi kesejahteraan,” tegas Mahfud.

Pendekatan kesejahteraan yang ia maksud telah tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 tahun 2020 dan dilanjutkan Keputusan Presiden nomor 20 tahun 2020. Ia berharap pendekatan yang dilakukan harus komprehensif dan sinergis.

Baca Juga :   Puan : Aturan Turunan UU Otsus Papua Harus Disusun Berdasarkan Aspirasi Rakyat

Maksud dari sinergis adalah mengerjakan pembangunan secara bersama-sama sehingga akan memunculkan output yang saling menyatu.

“Tidak Dikbud di sana, Perhubungan di sana, Telkom di sana. Tidak kelihatan hasil pembangunannya itu. Jadi komprehensif, sinergis, terpadu. Itu Inpres,” ungkap Mahfud.

Tak hanya itu, ia juga menjelaskan pendekatan teknis keamanan di Papua nantinya bersifat operasi teritorial. Bukan bersifat operasi tempur.

Ia pun mengatakan bahwa Panglima TNI sudah memiliki gagasan soal pendekatan keamanan yang baru di Papua.

“Pendekatan teknisnya tentu adalah operasi teritorial, bukan operasi tempur. Saya tadi saya sudah banyak diskusi. Pak Panglima sudah punya gagasan-gagasan tentang pendekatan baru itu dan nanti akan disampaikan pada saatnya,” kata Mahfud.

Baca Juga :   Mahfud MD Tegaskan Hukum di Indonesia Melindungi Semua Pemeluk Agama

Di tempat yang sama Andika mengatakan bahwa TNI akan menggunakan dasar hukum yang telah dikeluarkan oleh pemerintah untuk menjalankan tugas dan tanggungjawab di Papua.

“Dan itu nanti secara detail akan saya jelaskan pada saat saya di Papua minggu depan,” tandas Andika. (*)

 

 

Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul “Mahfud di Depan Panglima Andika: Pendekatan di Papua Bukan Senjata.”

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait