Lukisan Unik di Atas Daun Bodhi, Berikan Kesan Natural dan Eksotis

Magelang, Mitrapost.com – Lukisan uni di atas daun Bodhi menjadi salah satu karya seni yang sederhana, namun memberikan kesan yang natural dan eksotis.

Seniman Pelukis daun Bodhi, Budiyanto mengungkapkan bahwa cara menggambar di atas daun ini tidak membutuhkan teknis khusus.

“Cara menggambarnya biasa saja, hanya tidak perlu ditekan cukup digoreskan ringan, agar daun Bodhi sebagai media lukis tidak hancur,” ucapnya.

Budiyanto menerangkan, dalam mempersiapkan daun Bodhi sebagai media gambar melalui beberapa proses. Pertama, daun direndam dalam air selama 30 hari, agar pigmen daun atau klorofil lembar daun yang berwarna hijau bisa terlepas dari tulang daun.

Setelah 30 hari direndam, kemudian daun dibersihkan dan dijemur, lalu direbus sebentar dan dikeringkan. Setelah kering, daun disikat untuk membersihkan pigmen daun yang masih menempel, kemudian dijemur kembali.

Baca Juga :   Kota Magelang Masuki PPKM Level 1, Tracing Terus Dilakukan

“Paling bagus direndam dengan air hujan, maka lebih cepat pigmen daun terpisah dari tulang daun. Dimana tulang daun ini yang akan dipergunakan sebagai media lukisan,” papar Budiyono, yang belajar secara otodidak ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati