Gunung Semeru Keluarkan Awan Panas

Mitrapost.com– Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur telah mengeluarkan awan panas sejauh 1 KM, pada Rabu (1/12). Keluarnya awan panas ini dapat datang lagi sewaktu-waktu.

Dilansir dari Detik News, status Gunung Semeru waspada atau level 2. Berdasarkan data Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Semeru periode 1 Desember 2021 pukul 00.00-24.00 WIB, Gunung Semeru mengalami letusan 61 kali, guguran 4 kali, embusan 27 kali dan awan panas guguran 1 kali.

“Berdasarkan data yang kami monitoring setiap hari, jadi awan panas guguran bisa sewaktu waktu terjadi sehingga warga harus meningkatkan kewaspadaan. Saat ini Gunung Semeru masih waspada level II,” ujar Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Semeru Liswanto dikutip dari Detik News, pada Kamis (2/12/2021).

Baca Juga :   Video: Cara Mengatasi Windows 10 Lemot dan Lambat

Dalam hal ini, masyarakat diingatkan untuk tidak melakukan aktivitas radius 1 KM dan wilayah sektor lereng selatan- tenggara kawah aktif yang merupakan kawah aktif Semeru.

Ia juga meminta masyarakat untuk tetap waspada terhadap guguran lava dan lahar di sepanjang sungai yang berhulu di puncak Semeru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati