Langkah Antisipasi Erupsi Merapi, BPBD Magelang Siagakan SDM dan Infrastruktur

Magelang, Mitrapost.com – BPBD kabupaten Magelang menyiagakan sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur jalur evakuasi, sebagai langkah antisipasi jika terjadi erupsi di gunung Merapi.

Hal tersebut untuk mengantisipasi jatuhnya banyak korban jiwa, seperti halnya yang terjadi Ketika erupsi gunung Semeru.

Selain sumber daya manusia, infrastruktur jalur-jalur evakuasi pengungsian juga turut disiapkan dengan matang.

“Selain itu bentuk-bentuk pelatihan masih terus kita lakukan dalam rangka mitigasi. Hal ini menjadi sangat penting,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edi Wasono, Rabu (8/12).

Edi menjelaskan, saat ini pihaknya tengah mengupgrade Tempat Evakuasi Sementara maupun Tempat Evakuasi Akhir yang ada di Kabupaten Magelang. Mengingat yang perlu diwaspadai bukan hanya letusan Gunung Merapi, namun juga bahaya lahar hujan yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Baca Juga :   Kasus Covid-19 Tinggi, Capaian Vaksinasi Masih Rendah

“Kita tetap tidak menginginkan terjadi erupsi Gunung Merapi, namun jika memang terjadi, kami sudah mempersiapkan semaksimal mungkin dengan melibatkan dari unsur Forkompimda, Pemerintah Desa, LPBD, OPRB sesuai dengan kesiapan yang ada,” lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati