oleh

Langkah Antisipasi Erupsi Merapi, BPBD Magelang Siagakan SDM dan Infrastruktur

Magelang, Mitrapost.com – BPBD kabupaten Magelang menyiagakan sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur jalur evakuasi, sebagai langkah antisipasi jika terjadi erupsi di gunung Merapi.

Hal tersebut untuk mengantisipasi jatuhnya banyak korban jiwa, seperti halnya yang terjadi Ketika erupsi gunung Semeru.

Selain sumber daya manusia, infrastruktur jalur-jalur evakuasi pengungsian juga turut disiapkan dengan matang.

“Selain itu bentuk-bentuk pelatihan masih terus kita lakukan dalam rangka mitigasi. Hal ini menjadi sangat penting,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edi Wasono, Rabu (8/12).

Edi menjelaskan, saat ini pihaknya tengah mengupgrade Tempat Evakuasi Sementara maupun Tempat Evakuasi Akhir yang ada di Kabupaten Magelang. Mengingat yang perlu diwaspadai bukan hanya letusan Gunung Merapi, namun juga bahaya lahar hujan yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Baca Juga :   Kasus Covid-19 Tinggi, Capaian Vaksinasi Masih Rendah

“Kita tetap tidak menginginkan terjadi erupsi Gunung Merapi, namun jika memang terjadi, kami sudah mempersiapkan semaksimal mungkin dengan melibatkan dari unsur Forkompimda, Pemerintah Desa, LPBD, OPRB sesuai dengan kesiapan yang ada,” lanjutnya.

Hal tersebut disampaikan Edi, merupakan tanggung jawab bersama. Sehingga ia berharap, terjalin sinergitas yang baik ketika melakukan penanganan, mitigasi penyelamatan manusia.

“Target harus menekan angka kematian atau korban. Tidak boleh sampai ada yang terluka maupun meningal dunia,” ungkapnya.

Edi menjelaskan, armada operasional beserta logistik keperluan mitigasi bencana selalu standby untuk mengantisipasi peristiwa yang terjadi.

“Sekali lagi, kita berharap tidak terjadi erupsi Merapi, namun jika terjadi, kita harus siap,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :   4 Korban Dilaporkan Meninggal Akibat Longsor di Banjarnegara

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Komentar

Berita Terkait