Pemkab Lumajang Petakan Zona Aman Untuk Relokasi Warga di Gunung Semeru

Lumajang, Mitrapost.com – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur memetakan dan mencari lokasi yang aman dan cocok untuk relokasi warga di gunung Semeru dan terkena Awan Panas Guguran (APG).

“Kami sudah mulai melihat mana zona-zona yang aman untuk dijadikan tempat relokasi bagi hunian yang rusak akibat dampak APG Gunung Semeru,” kata Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperwati (Bunda Indah) saat dimintai keterangan, di Posko Desa Penanggal, Jumat (10/12/2021).

Indah juga mengatakan, pihaknya telah menentukan beberapa titik lokasi sebagai tempat relokasi. Dimana lahan yang dipilih merupakan milik Perhutani.

“Tentu yang berpotensi kami ajukan adalah lahan atau tanah negara dalam pengelolaan Perhutani karena luas dan memungkinkan untuk relokasi,” ujarnya.

Baca Juga :   Video : Drum Bensin Bocor, 2 Rumah di Lumajang Ludes Terbakar

Ia menambahkan, bahwa pihaknya akan mendikusikan beberapa titik-titik lahan kepada Badan Geologi untuk memastikan lokasi yang diajukan berada dalam zona aman.

“Secara teknis, kami akan diskusikan dengan badan geologi juga, apakah lokasi-lokasi yang kami maksud untuk kami ajukan ke perhutani dan Kementerian LHK adalah zona aman, sehingga bisa dijadikan tempat untuk relokasi,” pungkasnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati