oleh

Peringati Hari Jadi Blora, Kampung Pelangi Dihias dengan Mural

Blora, Mitrapost.com – Kampung Pelangi di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora dijadikan sebagai objek lomba event mural dingkat Nasional

Event tersebut diikuti oleh pemural dari berbagai Kabupaten/ Kota yang ada di Indonesia. Mereka berasal dari Bali, Karawang, Malang, Yogyakarta, Surakarta, Pati, Grobogan dan Blora sendiri.

Gelaran event tersebut mengusung tema ” Pesona Destinasi Wisata dan Budaya Lokal Blora”. Media yang digunakan adalah tembok-tembok rumah warga.

Pemural asal Karawang, Guaust berharap pemerintah mengajak para pemural yang ada di Indonesia untuk melestarikan seni mural.

“Harapan saya Instansi ataupun Pemerintah mau menggandeng para pemural di Indonesia, setelah kemarin mural 404 not found yang viral. Setidaknya pemerintah mau memberi ruang,” ungkap Guaust saat ikut lomba mural di Kampung Pelangi, Senin (13/12/2021).

Baca Juga :   Pemkab Blora Targetkan Vaksinasi Lampaui 50 Persen

Menurutnya, warga Kampung Pelangi Blora ramah, baik dan seru.

“Saya empat kali mengikuti mural di Blora, orangnya ramah, baik dan seru. Pokoknya asyik,” ujarnya.

Selain itu, adapun seorang pelajar yang turut serta dalam event tersebut. Pria bernama Adiansyah bertekad ingin membawa pulang hadiah dari lomba tersebut.

Seorang pelajar kelas 9 SMP di Batu, Malang itu ingin membuat Kampung Pelangi lebih dikenal masyarakat luas. “Saya ingin agar kampung Pelangi lebih dikenal masyarakat luas,” ucapnya.

Menurut Kepala Desa Bangsri Laga Kusuma, event mural tingkat nasional di Kampung Pelangi bertepatan dengan Hari Jadi Kota Blora ke-272. Tujuannya untuk membangkitkan kembali destinasi wisata kampung Pelangi yang dulu pernah jaya.

Baca Juga :   Hujan Lebat, Tujuh Wilayah di Kecamatan Cepu Kebanjiran

” Yang pertama ikut memperingati hari jadi kota Blora ke 272. Yang kedua kami ingin membangkitkan kembali destinasi wisata kampung Pelangi yang dulu pernah jaya,” jelasnya.

Kampung Pelangi ini dibangun awal Pandemi lalu. Sempat viral di pertengahan 2020 lau. Bahkan omzetnya bisa mencapai Rp 60-70 juta rupiah per bulan

“Dulu pernah ramai, karena banyak kerumunan sempat terhenti sampai sekarang. Dan dengan event mural ini kami berharap kampung Pelangi ini bisa bangkit lagi,” pungkasnya. (*)

 

 

Artikel ini telah tayang di tvonenews.com dengan judul “Bangkit di Tengah Pandemi, Kampung Pelangi Blora Gelar Even Mural Nasional.”