Banyak Aduan Muncul di Medsos, Kapolri Minta Jajarannya Responsif

Jakarta, Mitrapost.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta kepada seluruh jajarannya di Polda, Polres hingga Polsek untuk selalu merespons pengaduan masyarakat yang dilaporkan melalui media sosial (medsos).

Sigit menilai pada era digital sekarang ini, masyarakat cenderung mengadukan sesuatu kepada aparat via medsos. Karena itu, semua jajaran kepolisian di daerah harus responsif dalam menanggapi pengaduan tersebut.

“Saya sendiri (sebagai kapolri), setiap harinya ada empat sampai lima laporan yang masuk ke akun media sosial saya,” ujar Sigit seusai menghadiri Rakor Anev Itwasum Polri 2021 di Yogyakarta, Jumat (17/12/2021).

Sigit mengatakan, pengaduan-pengaduan tersebut sebetulnya ada di ranah Polda, Polres, bahkan kasus-kasus di tingkat Polsek. Jadi laporan yang mampir ke akun medsosnya itu tak mungkin semuanya bisa ditanganinya sampai di level Mabes Polri.

Baca Juga :   Tinjau Vaksinasi, Kapolri dan Panglima TNI Pastikan Berjalan Baik

Karena itu, mantan Kabareskrim itu meminta pengaduan maupun pelaporan melalui medsos dilimpahkan ke jajarannya di daerah untuk ditindaklanjuti ataupun direspons.

“Tolong dicek dumas (pengaduan masyarakat) di polres, polda, bisa berjalan dengan baik. Peristiwa di polres dan polsek lapornya ke Kapolri. Tolong bantu saya, tolong cek, bagaimana sistem pengaduan masyarakat di level polres dan polsek ini,” tuturnya.

Menurut Sigit, pelaporan ke medsosnya itu menunjukkan adanya persoalan yang buntu antara masyarakat dan kepolisian di daerah. Kondisi tersebut yang membuat masyarakat lebih memanfaatkan akun medsos kapolri untuk pelaporan atau sekadar pengaduan.

“Ada sumbatan komunikasi yang tidak terjawab. Seperti laporan masuk yang tidak direspons atau ada sistem tidak mau menerima laporan. Tolong cek bagaimana sistem pengaduan di polres dan polsek ini,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :   Kapolri Mutasi Sejumlah Kapolda

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati